Minggu, 28 November 2021

Sandiaga Uno Berkunjung ke Wakatobi, Para Pedagang Kebanjiran Pembeli

Sandiaga Uno Berkunjung ke Wakatobi, Para Pedagang Kebanjiran Pembeli

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, saat berkunjung ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara.


SultraMedia.Com - disalin dari LenteraSultra.com


Kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, membawa perubahan bagi warga di Wakatobi, khususnya di Desa Wisata Liya Togo, Kecamatan Wangiwangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara pada (25/11/2021). Meski hanya 30 menit, kedatangan sandiaga ramai diserbu warga.


Masyarakat tampak bangga karena desanya menjadi salah satu tempat di Indoneesia yang didatangi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Melalui kunjungan ini, pergerekan ekonomi juga mengalami peningkatan. Para pedagang kaki lima baik itu makanan kecil, souvenir dan lainnya mengalami kenaikan omset usai diburu pembeli yang ramai berdatangan.


“Apalagi kita tahu kalau souvenir juga masuk dalam ekonomi kreatif,” kata Sandi.


Seperti diketahui, souvenir menjadi ciri khas suatu daerah wisata. Produk-produk tersebut memang harus memiliki ciri khas dari suatu daerah, sehingga tidak hanya memiliki nilai ekonomis melainkan juga nilai sentimental yang bisa menjadi suatu kenangan terhadap lokasi tersebut. Tak sedikit wisatawan yang membeli souvenir sebagi buah tangan dan juga untuk kenangan bahwa pernah berkunjung suatu tempat wisata. Hal tersebut juga terjadi di Desa Wisata Liya Togo, Wangiwangi Selatan.


Meski singkat, Sandiaga Salahudin Uno juga menyempatkan berdiskusi dengan warga terkait kendala mereka yang hingga kini belum memiliki mesin jahit dan mesin bordir sebagai kebutuhan utama produk fashion daerah. Selama ini warga desa liya togo menjahit dan membordir menggunakan jasa dari desa lain dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal, sehingga keuntungan yang diperoleh sangat minim.


“Jadi Mas Menteri, Kalau kita punya mesin sendiri tentunya berbeda pendapatannya,” tutur salah satu pengajin.


Tidak hanya mendengar keluhan warga, Sandiaga Salahudin Uno kemudian memberi hadiah warga berupa mesin jahit dan mesin border. (*)

Baca Berita Terkait

Baca Berita Lain

© Copyright 2019 SultraMedia.Com | All Right Reserved